Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

01 Oktober 2007

HT Milwan : Kualitas Berita Wartawan Meningkat

Kualitas penulisan berita wartawan telah mengalami peningkatan secara signifikan dan lebih santun.
Walau peningkatan mutu yang telah dialami, namun demikian, masih terus diperlukan adanya upaya-upaya peningkatan proporsional tupoksi wartawan dalam menjalankan tugas, jabatan dan statusnya.
Dimana, indikasi peningkatan kemampuan dan mutu tulisan dari wartawan terlihat dengan adanya bahasa yang dipergunakan telah jauh lebih santun, walau pembaca masih terpaksa melakukan pembacaannya secara berulang dalam menelaah makna yang tersirat dan tersamar di dalamnya dalam mendesak pihak tertentu dalam melakukan pembenahan-pembenahan di sektor tertentu.
“Saya telah mengevaluasi, untuk Tahun 2006 hingga September 2007 belakangan telah jauh meningkat. Saya merasakan pemberitaan yang dihasilkan telah jauh meningkat kualitasnya. Dalam kandungan bahasa telah tersamar makna koreksinya. Saya melihat kandungan makna yang lebih halus, tegas dan mendesak dalam memberikan saran dan masukan dalam melakukan perubahan tertentu, khususnya bagi pihak pemerintah kabupaten sendiri,”. Demikian dikatakan Bupati Labuhanbatu, HT Milwan dalam kata sambutannya pada acara buka puasa bersama antara pihak Pemkab Labuhanbatu dengan para wartawan, Senin(1/10) di Pendopo Pemkab Labuhanbatu di jalan WR Supratman, Rantauprapat.
Milwan juga menambahkan, dengan peningkatan tersebut, pers telah mulai menghargai dan membekali diri dalam memperbaiki produk tulisannya agar pembaca enak dan lebih santai dalam membacanya. Dengan koreksi yang terjadi, Milwan menilai hal itu adalah wajar sebagai penyaluran aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat. “Saya menyadari, peranserta wartawan dalam menyajikan beritanya telah banyak membantu Pemkab Labuhanbatu, sebab dengan mensosialisasikan informasi ke tengah publik, telah mampu membantu dalam menyatukan dan membangun Labuhanbatu dalam membentuk opini masyarakat,” papar Bupati.
Peningkatan mutu wartawan, katanya, pihak Pemkab Labuhanbatu juga telah menyusun berbagai program pembekalan yang akan diterapkan, terlebih lagi dalam usulan memfasilitasi pihak wartawan untuk melakukan study banding ke beberapa tempat. “Saya sependapat dengan pelaksanaan studibanding. Sebab, saya menganut pemikiran bahwa makin banyak yang lihat wawasan akan semakin luas, semakin banyak membaca, pengetahuan akan semakin baik dan tinggi, sehingga pola pikir dan bertindak akan lebih bijaksana,” tegasnya.
Namun, dalam pelaksanaan pemberangkatannya, Milwan juga mengharapkan, agar sasarannya lebih luas. Dalam arti tidak semata dalam pengetahuan dalam percetakan, namun lebih terpokus dalam peningkatan kemampuan melakukan dialog dan tata bahasa secara lisan. “Dalam studibanding ke beberapa kantor redaksi persuratkabaran itu nantinya, hendaknya para peserta agar menjalin dialog dengan para pakar-pakar pers di kota tujuan kunjungan itu. Sehingga, akan didapat pengetahuan luas tentang dunia pers, bukan sekedar melakukan pembanding-bandingan, namun belupakan studinya”. Ditargetkannya, program itu akan terealisasi pada tahun 2008 mendatang, sehingga kepada pihak wartawan sendiri untuk menyusun rencana dan kepesertaannya.
Sebelumnya, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Labuhanbatu, H Nong Hilman mewakili para wartawan, dalam acara itu juga mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak Pemkab Labuhanbatu, yang selama ini telah banyak memberikan bantuan untuk kelancaran tugas dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada jurnalis di daerah itu. “PEmkab Labuhanbatu secara berkesinambungan telah banyak membantu tugas wartawan. Hal itu terlihat, dengan disediakannya gedung Balai Wartawan, Pelatihan jurnalistik, Penyediaan sarana multimedia, mengadakan kegiatan lomba karya tulis dalam mengasah kemampuan jurnalis dan terakhir setiap tahun memberikan kesempatan kepada satu orang wartawan dalam menjalankan ibadah haji ke tanah suci,” jelasnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda