Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

29 September 2007

Pendataan Pemilih Pilgubsu Hampir Rampung

Pendataan calon pemilih Pilgubsu 2008 di Labuhanbatu hampir rampung. Hal itu terjadi setelah masuknya 70 persen hingga 80 persen data dari berbagai Kecamatan se-Labuhanbatu ke Kantor Dinas Kependudukan, Keluarga Berencana dan Catatan Sipil (KKBCS) Labuhanbatu. "Telah 70 persen hingga 80 persen data yang masuk dari 21 Kantor Kecamatan dari 22 kecamatan se Labuhanbatu yang menyerahkan kembali blanko pendataan warga kepada pihak KKBCS. Selanjutnya, data itu kan akan dimasukkan ke dalam database," terang Rajo Makmur Siregar, Kepala Dinas KKBCS Labuhanbatu, melalui Sahnan Siagian, Kesubdis Kependudukan, Selasa (25/9) di ruang kerjanya.
Kecamatan yang belum menyerahkan blangko, katanya, adalah Kecamatan Kualuh Leidong. Selebihnya telah masuk, walau belum rampung keseluruhannya. "Memang dari data yang telah diserahkan pihak Kecamatan belum keseluruhannya sempurna, karena masih ada beberapa desa/keluruhannya yang belum menyerahkan data kepada masing-masing kantor Kecamatan," ungkap Sahnan.
Secara keseluruhan data, paparnya, akan mampu terakumulasi Senin(15/10) mendatang, sebelum dilakukan penterahan kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labuhanbatu. "Sesuai jadwal, 15 Oktober seluruh data mesti diserahkan kepada pihak KPUD untuk dilakukan pemutakhirannya," imbuhnya.
Sebenarnya hal itu, kata Sahnan, dapat dipercepat seandainya tidak terkendala masalah pendanaan. Pasalnya, dana pendataan yang ditalangi oleh Pemprovsu setiap jiwa membutuhkan biaya Rp1000, yang peruntukkannya membiayai honor petugas pendata di Desa/Kelurahan, pengadaan blanko pedataan hingga penyediaan komputer dan tenaga operatornya. "Untuk mempermudah pelaksanaan pemasukan data ke database, kita terpaksa melakukan sewa 30 unit komputer ke penyedia jasa rental komputer, serta mendatangkan para operatornya," tuturnya.
Namun, karena belum terkucurnya dana dari Pemprovsu itu, maka pihaknya, aku Sahnan, terpaksa menalanginya. "Ya, terpaksa kita melakukan pendanaan sendiri sembari menunggu turunnya dana dari Propinsi. Sebab, bila melulu hanya menunggu itu disangsikan jadwal persiapan pra Pilgubsu April 2008 mendatang dapat terkendala di Labuhanbatu. Untuk menghindari kehal itu, kita menempuh kebijakan sendiri," tegasnya.
Dari jumlah pemilih pada Pilkada sebelumnya di Labuhanbatu, dibanding dengan Pilgubsu 2008 mendatang, ujarnya, akan terjadi peningkatan jumlah. "Jumlah Pemilih pada Pilkada kepala daerah Labuhanbatu sebelumnya adalah 588.196 jiwa. Sedangkan untuk Pilgubsu mendatang meningkat menjadi 650an ribu jiwa," ungkap Sahnan. Hal itu terjadi disebabkan semakin banyaknya jumlah pemilih pemula yang pada tahun 2008 telah memenuhi kriteria mengikuti pemilihan, tandasnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda