Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

02 Oktober 2007

2008, Pemkab Akan Miliki Laboratorium Kimia

Tahun 2008, Pemkab Labuhanbatu akan miliki Laboratorium analisis berbagai kandungan kimia.
Terlebih lagi, kondisi daerah Labuhanbatu yang kini telah keterdapatan sejumlah industri pengolahan kelapa sawit (pabrik kelapa sawit-PKS). Sehingga, pengawasan dan analsis berbagai dampak pemanfaatan bahan-bahan kimia maupun berbagai kandungan zat berbahaya lainnya terhadap lingkungan, mendesak direalisasikan.
Demikian dikatakan Bupati Labuhanbatu, HT Milwan, Senin(1/10) malam di Pendopo Pemkab Labuhanbatu.
Kata Bupati, manfaat dari tupoksi laboratorium itu nantinya, akan dapat memeriksa berbagai kandungan zat-zat berbahaya, memeriksa kandungan (ph) tanah, hingga kepada melakukan pengawasan peredaran pupuk secara luas di masyarkat yang terindikasi palsu. “Laboratorium itu nantinya akan berfungsi ganda, bahkab akan mampu melakukan pemeriksaan berbagai kadungan kimia, hingga akan didapat pula, apakah salah satu produk pupuk asli ataukah palsu,” tegasnya.
Bahkan, tambahnya, laboratorium itu sendiri akan mampu memeriksa kepatuhan ambang batas limbah keluaran salah satu PKS. Sehingga, bila sebelumnya, pihak perusahan melakukan pmeriksaan sample limbanya ke luar daerah Labuhanbatu, nantiny akan dapat dilakukan disini. “Kan, penyediaan jasa pemeriksaan limbah industri itu kan menghasilkan retribusi sebagai penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Labuhanbatu,” paparnya.
Namun, lanjutnya, realisasi hal itu masih memerlukan pembahasan-pembahsan lanjutan, dan rencananya, laboratorium itu menjadi unit pelaksana terpadu (UPT) dari Badan Pengendali Dampak Lingkungan hidup (Bapedalda) Labuhanbatu

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda