Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

03 Agustus 2007

Persiapan Suplai Air Bersih ke Pasar Glugur

Persiapan penyuplaian air bersih ke Pasar Glugur dilakukan dengan pembangunan satu unit sumur bor(sumur dalam).
Pengerjaan pembangunannya yang memanfaatkan talangan dana dari APBN 2007 itu, diproyeksikan akan mampu menyuplai air bersih ke pasar terpadu Glugur di kasawan jalan Glugur-Rantauprapat, yang nantinya akan mampu menampung tak kurang dari 1000-an para pedagang.
Selain itu, penggelolaannya kedepan akan diserahkan kepada pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bina, diproyeksikan juga akan mampu menyuplai air bersih kepada para warga di kawasan pasar glugur, dan masyarakat sekitar jalan Sirandorung, maupun di jalan Siringo-ringo-Rantauprapat.
“Setelah pengerjaannya selesai, pihak Pemprovsu akan menyerahkannya kepada pihak PDAM Tirta Bina-Rantauprapat dalam penggelolaannya, sehingga akan menambah jumlah kuantitas produksi air, yang pada gilirannya akan mampu menyuplai air ke masyarakat sekitar,” terang Muklis Sirait, Direktur PDAM Tirta Bina-Rantauprapat, Jumat(3/8) di kamar kerjanya. Mengenai kemampuan produksi sumur tersebut, ujar Muklis, dipastikan akan menyuplai debit air sebanyak 10 liter perdetik.
“Selama ini, pihak PDAM untuk kota Rantauprapat yang memiliki daya distribusi air sebanyak 120 liter perdetik untuk 7200 pelanggannya. Hal itu belum menyentuh keseluruhan wilayah kota Rantauprapat,” imbuhnya. Namun, kata Muklis, pihaknya belum berorientasi pada pengembangan jaringan wilayah pendistribusian air, tetapi lebih memprioritaskan pada optimalitas kuantitas pendistribusian dengan memperbaiki berbagai jaringan pipa distribusi. Tapi dengan bantuan pihak Pemprovsu membangunkan satu unit sumur dalam di pasar Glugur, diharap akan mampu memberikan perluasan suplai air dan penambahan pelanggan.
Dalam hal managemen penggelolaannya, Muklis mengatakan tupoksi antara PDAM dengan Dinas Pasar dan Kebersihan(Dispaskeb)Labuhanbatu memiliki managemen terpisah, dengan pengertian masalah distribusi air tanggungjawab pihaknya, tapi masalah perpasaran lainnya merupakan tanggungjawab dispaskeb. “Kedepan tupoksi masing-masing akan diatur dengan regulasi yang terarah,” ungkapnya.Selain itu, pihak PDAM Tirta Bina juga sebelumnya telah mendapatkan bantuan pembangunan sumur serupa di Negeri Lama, kecamatan Bilah Hilir-Labuhanbatu. “Di Negeri Lama bantuan serupa juga kita terima dan kini masih tahap pengerjaan. Disana, akan mampu mendistribusikan air sebanyak 20 liter perdetik, sehingga setelah pengerjaannya nanti rampung, juga diharap akan mampu menyuplaikan debit air bersih ke rumah-rumah warga masyarakat di daerah itu,” tuturnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda