Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

25 Juli 2007

Harganas di Labuhanbatu Akan diwarnai Bedah Rumah

Konteks pembangunan rakyat semesta, diperlukan adanya peranan bersama antara Pemerintah dengan lintas masyarakat luas.
Di kabupaten Labuhanbatu, upaya merealisasikan hal itu salah satunya ditempuh dengan pelaksanaan Bedah Rumah bagi keluarga pra sejahtera yang ada.
“Mewujudkan peningkatan kesehatan dan taraf perekonomian para keluarga pra sejahtera, bukan melulu tanggung jawab Pemerintah, namun juga mesti melibatkan peranserta masyarakat luas secara sinergis”, demikian dikatakan Wakil bupati Labuhanbatu, H Sudarwanto, Rabu(25/7) seusai menghadiri acara persiapan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional(Harganas) ke-XIV di Ruang Data dan Karya setdakab Labuhanbatu.
Salah satu implementasi hal itu, kata wabup dilakukan dengan menggelar berbagai acara, salah satunya pelaksanaan kegiatan Bedah Rumah bagi beberapa keluarga yang tergolong Pra sejahtera yang ada di Labuhanbatu.
Untuk tahun 2007, pelaksanaan Bedah rumah itu, akan dilangsungkan di kecamatan Panai Tengah-Labuhanbatu, direncanakan untuk sebanyak 159 unit rumah keluarga Pra sejahtera yang berdomisili di daerah-daerah pesisir pantai. Penilaian wabup, pertemuan awal persiapan jelang pelaksanaann Harganas itu, mendapat perhatian stakeholder yang ada di Labuhanbatu. “Dari pertemuan awal yang dilakukan, disambut hangat oleh berbagai pihak”, terang Sudarwanto.
Sedangkan Kepala Dinas Keluarga Berencana dan Catatan Sipil(KKBCS) Labuhanbatu, Rusman Syahnan dalam paparannya mengungkapkan, rencana kegiatan Harganas ke XIV itu akan diwarnai berbagai kegiatan, salahsatunya pemberian zakat PNS di dinas KKBCS Labuhanbatu kepada 50 orang siswa/I di sekolah-sekolah dari keluarga prasejahtera, dengan total dana sebanyak Rp 62,5 juta. Selain itu, terangnya, pelaksanaan pelayanan KB Inplant kepada 50 orang Akseptor dari kelurga prasejahtera. Dibidang kesehatan, juga akan dilakukan pelayanan sunat massal, pengobatan gratis dan pemberian makanan tambahan bagi keluarga tergolong prasejahtera. Juga, dilaksanakan acara Nikah Massal sebanyak 10 pasang keluarga prasejahtera. Untuk pelaksanaan Bedah Rumah, aku Rusman Syahnan, dilakukan untuk pembangunan Atap, Lantai, Dinding(Aladin) sebanyak 159 unit rumah.
Alasan titik pelaksanaan dilangsungkan di desa Telaga suka, kecamatan Panai Tengah, ungkapnya, dikarenakan tingkat keluarga prasejahtera tertinggi terdapat di daerah-daerah pesisir pantai Labuhanbatu. “Dari 25631 Keluarga yang ada di Labuhanbatu, tingkat keluarga prasejahtera tertinggi terdapat di daerah pantai atau sebesar 11,60 persen, sedangkan di kecamatan Panai Tengah dengan total 1784 Kepala Keluarga serta di desa Telaga suka terdapat 159 keluarga prasejahtera”, jelasnya.
Ditambahkannya, total biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan Rumah Aladin sebanyak 159 unit Rp 781.614.000, atau senilai Rp 6,9 juta perunit, dimana biaya atap Rp 3 juta, biaya Lantai Rp 2,5 juta dan biaya Dinding Rp 1,4 juta.
Pada acara itu, terkumpul dana dari para donatur sebanyak Rp 709.500.000 ditambah pernyataan kesediaan berbagai pihak membangun fisik rumah aladin sebanyak 9 unit. Namun, kepastian tanggal pelaksanaannya masih membutuhkan koordinasi antara lintas sektor disana, tandas Rusman.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda