Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

01 Agustus 2007

Bantuan Ternak, Wujud Program Kemitraan Masyarakat

Wakil Bupati Labuhanbatu, H Sudarwanto dan Direktur Utama PT Asam Jawa, Wijoyo Suyono, serta Senior Social & Security Affair PT Asam Jawa, Syamsul Bahri, Selasa(31/7) di komplek perusahaan itu di kecamatan Torgamba-Labuhanbatu, melalui acara penyerahan bantuan usaha ekonomi kepada masyarakat yang bermukim di sekitar perkebunan perusahaan modal dalam negeri(PMDN) itu, memberikan bantuan Ternak kambing kepada masyarakat setempat.
Bantuan ternak sebanyak 308 ekor dengan jumlah 44 palket untuk 44 orang itu, terdiri dari 20 paket baru dan 24 paket guliran tersebut, merupakan tahap V (terakhir) yang sesuai dengan kesepakatan sebelumnya dengan pihak dinas Peternakan Labuhanbatu. Dimana sebelumnya, sejak tahun 2003 sebagai tahap I juga telah dilakukan hal serupa, sehingga diperkirakan sejak tahp I hingga tahap V, jumlah ternak kambing yang telah diserahkan kepada para petani-peternak sejumlah 100 paket baru dan 82 paket bergulir, sehingga keseluruhannya berjumlah 182 paket atau 1274 ekor kambing.
Senior Social & Security Affair PT Asam Jawa, Syamsul Bahri, pada acara itu mengatakan, disamping dana untuk pembelian trenak, PT Asam Jawa juga mendanai biaya-biaya pembuatan kandang, pembelian obat-obatan, biaya untuk mengadakan seleksi calon penrima ternak, biaya penataran calon penerima ternak, biaya pengangkutan ke desa-desa tempat tinggal peternak dan dalam hal memonitoring perkembangan dan pengobatan ternak-ternak yang sakit.
“Rencana kerja PT Asam Jawa dan dinas Peternakan Labuhanbatu selanjutnya, akan membentuk tim untuk terus mendekati para peternak agar dapat menepati ketentuan atau perjanjian yang telah dibuat bersama, sehingga dapat menarik guliran-guliran ternak kambing sebagai kewajiban para peternak,” terangnya.
Karena, ujar Syamsul, pengalaman dan hasil-hasil di lapangan, memberikan bantuan kepda masyarakat sekitar perkebunan dengan pola semacam memberi kail atau pancing, bukan memberi ikan, tegasnya. Maka, untuk masa mendatang dipelukan adanya analisa situasi dan kondisi masyarakat sekitar perkebunan, imbuhnya.
Sedangkan H Sudarwanto, Wabup Labuhanbatu pada kesempatan serupa menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak perkebunan PT Asam Jawa atas kepedulian dan keberhasilannya terhadap program kemitraan masyarakat/petani peternak yang telah berjalan selama lima tahun belakangan, seraya mengingakan kepada peternak, agarlebih bersungguh-sungguh dalam memelihara ternak bantuan yang diberikan, “Kepada para penerima bantuan, dimintakan agar bantuan yang telah diberikan benar-benar dimanfaatkan secara maksimal, sehingga dapat membantu dalam meningkatkan perekonomiannya”, tandas Sudarwanto.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda