Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

17 Desember 2007

Peringatan HPS ke-27 di Labuhanbatu

* Gali Potensi Pangan Lokal dan Makanan Tradisional

Dalam hal konsumsi, tidak ada satu bahan pangan yang mempunyai kandungan gizi yang lengkap, sehingga, untuk dapat hidup sehat, cerdas dan produktif setiap orang harus mengkonsumsi aneka ragam pangan yang bergizi secara seimbang. Baik berasal dari pangan sumber karbohidrat, protein (hewani maupun nabati) serta vitamin dan mineral.
Demikian pidato arahan Bupati Labuhanbatu HT Milwan yangt dibacakan Wakil Bupati Labuhanbatu Sudarwanto pada peringatan hari pangan sedunia(HPS) ke-27 tahun 2007, Senin (17/12) di Rantauprapat.
Sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang terus bertambah setiap tahunnya, maka, kata Bupati, hal itu mempunyai implikasi penting bagi pembangunan ketahanan pangan. Karena, katanya, disatu sisi terjadinya peningkatan permintaan pangan beras. Namun, disisi lainnya, memaksa berbagai pihak untuk mampu menggali potensi pangan lokal dan makanan tradisional.
“Adanya permintaan pangan beras yang meningkat, mengakibatkan penggalian dan potensi pangan lokal dan makanan tradisional yang cukup strategis, khususnya bila dikaitkan dengan peranannya sebagai alternatif sumber pangan, khususnya pangan sumber karbohidrat,” bebernya. Untungnya, dalam memenuhi hal itu, terlebih lagi dengan upaya penyediaan aneka ragam makanan yang bergizi, kita, ungkapnya, masih memiliki potensi makanan tradisional yang memenuhi hal itu. Maka, sudah saatnya untuk dilakukan pengembangannya, seh8ingga mampu bersiang dengan makanan khas yang import, imbaunya.
Disebutkannya, perhatian serius dari Pemerintah terkait penyediaan pangan yang bergizi telah ada, hal itu, ujarnya pada tahun 2002 pihak badan bimas Ketahanan pangan pusat telah memperkenalkan dan mensosialisasikan slogan Panganku beragam, Bergizi dan Berimbang (B3). Hal itu, ungkapnya, memiliki pengertian, dalam mengkonsumsi pangan mesti bergizi dan berimbang.
Untuk Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-27 tahun 2007, akunya, memiliki thema, Melalui Peningkatan Mutu dan Kemanan Produk Hewani, Kita Tingkatkan Kecerdasan Bangsa. Sehingga, dalam menyahutinya, dituntut untuk mendukung dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan sampai ditingkat rumah tangga sesuai dengan menu beragam, bergizi dan berimbang.

Lomba Pangan Lokal
Dalam peringatan HPS itu di Labuhanbatu, kantor ketahan pangan (Hanpang) Labuhanbatu juga melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya dengan melaksanakan Lomba Pangan Lokal dan Pameran Makanan Tradisional tahun 2007.
Dikabarkan, tujuan pelaksanaan kegiatan itu upaya meningkatkan pengetah7uan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang memiliki kaitan B3 untuk
Dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Selain itu, mendorong kreativitas masyarakat dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu B3 sesuai potensi sumber daya wilayah. Serta, memasyarakatkan dan membiasakan keluarga untukm mengkonsumsi aneka makanan B3, untuk kebutuhan sehari-hari, sesuai dengan potensi sumber daya wilayah.
Kepala kantor Hanpang Labuhanbatu Syahbela Hasibuan dalam laporannya kegiatan itu mengatakan, juara untuk lomba makanan beragam, berigizi dan berimbang (B3) diperoleh oleh tim PKK kecamatan Kota pinang, juara II diterima tim kecamatan Kualuh hulu, juara III kecamatan Rantau Selatan. Sedangkan, untuk lomba mengolah pangan lokal (snack) juga diperoleh tim kecamatan Kota pinang, juara II kecamatan Kualuh hulu dan juara III kecamatan Rantau Utara. Dan, untuk pameran makanan tradisional sebagai juara pertama diperoleh kecamatan Sungai kanan, juara II tim PKK dari kecamatan Marbau dan juara III kecamatan NA IX-X.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda