Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

30 November 2007

GPTPP Rantau Utara Tanam Bibit Mahoni 500 Pohon

Pencanangan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon ( GPTPP ) dengan aksi menanam sekitar 500 bibit pokok mahoni di lapangan parkir stadion Bina Raga Rantauprapat, Sabtu ( 31/11 ) pagi sekitar pukul 8.00 wib, dibuka secara resmi.
Hal itu dilakukan Ketua tim penggerak PKK kecamatan Rantau Utara, kabupaten Labuhanbatu, Ny Endang Sari April.
Dalam sambutannya, Ny Endang Sari April, mengatakan, kegiatan itu didasari dengan semakin meningkatnya pemanasan global yang berimplikasi menurunnya produktivitas alam.
“Kegiatan pembakaran penyebab utama terjadinya emisi karbon yang menimbulkan efek rumah kaca, sehingga dapat meningkatn suhu di permukaan bumi. Untuk itu, aksi penanaman pohon ini kita harapkan dapat menyerap emisi karbon tersebut dan memperbaiki perubahan iklim global”, ucapnya.
Selain itu kata Endang, memperbaiki ataupun kepedulian terhadap lingkungan bukanlah hal yang baru bagi kaum perempuan, karena dalam 10 program pokok PKK terdapat program tentang pelestarian lingkungan . “Kita para ibu dapat memperbaiki lingkungan dengan cara menanam pohon pada berbagai tempat. Memang bukan sekarang kita rasakan, tetapi untuk generasi selanjutnya. Untuk itu saya berharap agar kita semua secara bersama menjaga pertumbuhan pohon yang kita tanam ini”, tegasnya.
M Nur Lubis dalam laporan acara itu mengatakan bahwa kegiatan itu berdasarkan Kepmenhut RI Nomor : SK.337/Menhut-II/2007 tentang Panduan kegiatan aksi penanamn serentak Indonesia dan pekan pemeliharaan pohon menyongsong pertemuan internasional dan Radiogram Mendagri RI Nomor : 522.4/2240/PMD tentang gerakan perempuan tanam dan pemeliharaan pohon dengan tujuan mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorsi gas CO2, SO2 dan Polutan lainnya, serta uapaya pencegahan banjir, kekeringan dan longsor.
Camat Rantau Utara Drs April Hasibuan seusai acara mengatakan bahwa sebelumnya mereka juga telah melakukan penanaman pohon si sepanjang jalan sekitar kota Rantauprapat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda