Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

08 September 2007

Pra Pilgubsu 2008 KPUD Labuhanbatu Lakukan Manajemen Resiko

Jelang persiapan Pilgubsu 2008, KPUD Labuhanbatu terapkan manajemen resiko.
Melalui manajemen tersebut diharap akan dapat mencegah resiko yang tak diinginkan dan kemungkinan resiko tersebut untuk di lokalisasi, bahkan meminimalkan atau menghapus resiko-resiko yang teridentifikasi.
"Manajemen suatu pemilihan mensyaratkan perencanaan menyeluruh," terang Suhari Pane SIp, ketua KPUD Labuhanbatu, Rabu(5/9), di ruang kerjanya di Rantauprapat.
Selain itu, perencanaan yang cermat dan pengelolaan yang bertanggung jawab dan memberikan kontrol pada banyak level juga perlu dilakukan, tegas Suheri. Pasalnya, kata dia, untuk dapat menjamin pemilihan dilakukan secara efisien dan efektif pada hari pemungutan suara.
"Pemilihan adalah sejumlah proses yang kompleks agar publik memiliki hak untuk berpartisipasi," tambahnya.
Suhari juga mengutarakan, adalah penting untuk menilai dan mengelola setiap resiko.
Terlebih lagi, imbuhnya, yang berhubungan dengan proses pemilihan dan dampak dari resiko tersebut terhadap keseluruhan proses pemilihan, bila satu atau lebih tugas tidak diselesaikan tepat waktu. Ambil contoh, ujarnya, bila terjadi penundaan di suatu wilayah, maka dapat berdampak dengan yang lainnya dan seterusnya. Manajemen resiko, sejatinya, ulasnya, adalah proses pengumpulan informasi untuk membuat keputusan-keputusan yang dipahami dalam rangka meminimalisir dampak buruk. Penilaian resiko meliputi estimasi tingkat resiko yang mengistimasi kemungkinan suatu peristiwa yang terjadi dan besarnya dampak jika benar terjadi. Bila keadaan tidak menguntungkan terjadi bukan tak mungkin berdampak pada mahalnya biaya pemilihan, bahan berkualitas rendah dan pembuatan keputusan yang buruk, ujarnya. "Untuk suatu peristiwa publik yang berskala besar, seperti Pilgubsu adalah penting semua proses diselesaikan dengan yang diharapkan," paparnya

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda