Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

10 September 2007

Laboratorium Dinkes Labuhanbatu Mendesak di Optimalisasi

Optimalisasi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Laboratorium milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Labuhanbatu mendesak untuk segera dilakukan.
Pasalnya, perkembangan berbagai industri besar dan kecil yang ada di Labuhanbatu, perlu dilkukan pengawasan penggunaan dan pemakaian berbagai bahan-bahan kimia, baik peruntukkan pada makanan dan minuman sebagai bahan dasar penggunaannya, terlebih lagi guna mampu menganalisa berbagai kandungan bibit penyakit lainnya.
“Mendesak untuk dilakukan pembenahan dan pengembangan tupoksi dari laboratorium milik Dinkes Labuhanbatu,” terang Jahotman Sinaga, Sekretaris Komisi D DPRD Labuhanbatu, di kamar kerjanya, Senin(10/9).
Sebab, dengan tersedianya laboratorium itu, berbagai kandungan kimia dan penyakit lainnya dapat dianalisis lebih jauh, sehingga dampak negatif pada kesehatan manusia dapat diminimalisir.
Untuk itu, pihaknya mengharap dinas tersebut agar melakukan studi kelayakan peningkatan fungsi laboratorium itu, serta selanjutnya menyampaikan pada acara Musrengda Labuhanbatu mendatang, agar menjadi pembahasan di tingkat panitia anggaran. “Kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Dinas itu agar melaksanakan berbagai kajian tentang upaya mengoptimalkannya. Sehingga akan didapat perincian peruntukkan dana yang dibutuhkan,” jelasnya. Dalam penyusunan usulan dari SKPD Dinkes Labuhanbatu, harapnya, agar lebih terinci tentang kebutuhan berbagai fasilitas dan termasuk ketersedian para tenaga analisisnya. “Kita juga harus mengetahui fungsi dan peranan laboratorium yang ada, termasuk dalam upaya penyumbang pendapatan bagi Labuhanbatu, terlebih lagi dalam mewujudkan Labuhanbatu sehat,” paparnya. Sebab, aku Jahotman, Pemerintah Labuhanbatu memprioritaskan pengwujudan kesehatan bagi warga Labuhanbatu sangat mendukung peningkatan fungsi Laboratorium.
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda) Labuhanbatu, Ir Esty Pancaningdyah, melalui Edi Sampurna, Sekretaris Bappeda Labuhanbatu ditempat terpisah, Senin(10/9) mengutarakan hal serupa. Namun, dia belum mengetahui tentang usulan dari pihak Dinkes Labuhanbatu yang belum terpenuhi itu. “Sebenarnya saya kurang mengetahui bahwa telah 4 kali pihak dinkes mengajukan hal peningkatan fungsi laboratorium yang ada. Tapi, bila hal itu memang telah mendesak untuk dioptimalisasikan pihak panitia anggaran (panggar) setdakab Labuhanbatu tentu akan memenuhinya,” urainya. Pasalnya, tidak tertutup kemungkinan bila SKPD Dinkes Labuhanbatu mampu menyusun perencanaan peningkatan fungsinya, hal itu pasti akan terpenuhi, tegasnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda