Labuhanbatu_news

Situs Pribadi (Memuat Berita-Berita Seputar Labuhanbatu)

Google

24 Agustus 2007

Kantor Disbun Labuhanbatu Idealnya di Relokasi

Eksistensi gedung Dinas Perkebunan(Disbun) Labuhanbatu selayaknya di relokasi. Pasalnya, lokasi kantor yang bersebelahan dengan komplek Mesjid Agung, Aula dan Asrama Haji yang terletak di kawasan jalan SM Raja, Rantauprapat itu, kini sudah tidak ideal lagi.
Terlebih lagi dengan keterbatasan lahan yang semakin sempit oleh padatnya gedung-gedung milik pemkab Labuhanbatu yang dibangun di sekitar areal itu, penyebab kian terbatasnya kemampuan pihak Disbun Labuhanbatu mengadakan lokasi tempat balai pembibitan beberapa komoditi perkebunan. "Lokasi ini idealnya dijadikan kawasan Asrama Haji, dengan melakukan beberapa pengembangan dan penataan kawasannya, seperti pembangunan taman dan fasilitas umum lainnya," terang Ir Yusuf Siagian, Kadisbun Labuhanbatu, Kamis(23/8) di Rantauprapat.
Dengan Pengembangan tersebut, ujarnya, kawasan itu akan lebih bernuansa alami. Tapi, kata Yusuf, eksesnya kantor Disbun Labuhanbatu mesti di relokasi ke tempat lain.
Namun, ironisnya lokasi pemindahan dimaksud sampai sekarang belum didapat, terlebih lagi membutuhkan lahan yang relatif luas. Padahal, rencana yang memang masih sebatas wacana itu perlu di realisasikan mengingat kebutuhan lokasi pengadaan bibit-bibit tanaman perkebunan.
"Lokasi pemindahan kantor Disbun ditaksir membutuhkan lahan seluas 50 hektar," katanya. Dimana, ujar Yusuf, peruntukannya selain tempat pembangunan kantor, juga sebagai sentra pembibitan dan penelitian bibit-bibit unggul komoditas perkebunan, ujarnya.
Selain kian lajunya pembangunan daerah, perluasan permukiman wilayah juga menyebabkan semakin sulitnya mencari lahan yang strategis untuk relokasi.
"Kita berharap, bila nanti pelepasan lahan milik PTPN3 yang telah keluar dari HGU dan kini tinggal menunggu kebijakan dari Mennag BUMN RI dapat terealisasi, sebahagiannya di alokasikan peruntukan relokasi kantor disbun, sebab lahan milik PTPN3 unit Rantauprapat berlokasi strategis dan masih di areal jantung kota Rantauprapat, imbuhnya

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda